Penyajian Data Statistika dalam Bentuk Tabel
Untuk memudahkan membaca data, biasanya data disajikan dalam bentuk tabel atau diagram. Pada bagian ini, akan dibahas penyajian data dalam bentuk tabel.
Diketahui data nilai ulangan Matematika 30 siswa Kelas IX A sebagai berikut.
Untuk mengetahui berapa nilai ulangan yang diperoleh Cindy, kamu harus membaca data tersebut satu per satu. Untuk data pada Tabel 3.1 (30 datum), kamu masih dapat mencarinya dengan mudah walaupun memerlukan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, bagaimana jika data yang ada
terdiri atas 1.000 datum?
Jika data pada Tabel 3.1 disajikan sesuai nama siswa yang disusun secara alfabet maka akan tampak seperti Tabel 3.2.
Dengan melihat Tabel 3.2, kamu dapat menentukan dengan mudah nilai ulangan Matematika yang diperoleh Cindy, yaitu 4.
Jika ingin mengetahui berapa orang yang memperoleh nilai 8, kamu harus menyajikan data tersebut dengan mencatat banyak nilai tertentu (frekuensi) yang muncul, seperti diperlihatkan pada Tabel berikut.
Dengan demikian, kamu dapat menentukan banyak siswa yang mendapat nilai 8 dengan sekali pandang, yaitu 6 orang.
Contoh:
Diketahui data nilai ulangan Matematika 30 siswa Kelas IX A sebagai berikut.
6 , 8 , 7 , 6 , 6 , 5 , 7 , 8 , 8 , 5
9 , 9 , 8 , 6 , 7 , 7 , 7 , 6 , 8 , 7
10, 8 , 8 , 6 , 6 , 5 , 9 , 9 , 7 , 6
Jawab:
Diketahui data berat badan (dalam kg) 30 balita di sebuah kelurahan adalah sebagai berikut.
30 , 30 , 28 , 27 , 25 , 29 , 30 , 25 , 28 , 30
27 , 25 , 30 , 26 , 29 , 29 , 27 , 25 , 27 , 26
26 , 25 , 28 , 30 , 27 , 27 , 30 , 30 , 26 , 26
Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Jawab:
Diketahui data nilai ulangan Matematika 30 siswa Kelas IX A sebagai berikut.
Nama | Nilai | Nama | Nilai | Nama | Nilai |
Vina Popi Budi Gilang Santi Lulu Qori Anton Eko Zakfar | 8 6 3 5 7 6 7 2 6 8 | Doni Ubaid Ika Cindy Dea Aliyah Bayu Cici Jasmin Nabila | 10 7 5 4 4 8 9 9 5 6 | Teguh Yanuar Oktavia Fera Hadi Wina Mia Kiki Rudi Mawar | 7 8 5 5 5 8 6 6 7 8 |
terdiri atas 1.000 datum?
Jika data pada Tabel 3.1 disajikan sesuai nama siswa yang disusun secara alfabet maka akan tampak seperti Tabel 3.2.
No | Nama | Nilai | No. | Nama | Nilai |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. | Aliyah Anton Bayu Budi Cici Cindy Dea Doni Eko Fera Gilang Hadi Ika Jasmin Kiki | 8 2 9 3 9 4 4 10 6 5 5 5 5 5 6 | 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. | Lulu Mawar Mia Nabila Oktavia Popi Qori Rudi Santi Teguh Ubaid Vina Wina Yanuar Zakfar | 6 8 6 6 5 6 7 7 7 7 7 8 8 8 8 |
Dengan melihat Tabel 3.2, kamu dapat menentukan dengan mudah nilai ulangan Matematika yang diperoleh Cindy, yaitu 4.
Jika ingin mengetahui berapa orang yang memperoleh nilai 8, kamu harus menyajikan data tersebut dengan mencatat banyak nilai tertentu (frekuensi) yang muncul, seperti diperlihatkan pada Tabel berikut.
Nilai | Frekuensi |
2 3 4 5 6 7 8 9 10 | 1 1 2 6 6 5 6 2 1 |
Jumlah | 30 |
Contoh:
Diketahui data nilai ulangan Matematika 30 siswa Kelas IX A sebagai berikut.
6 , 8 , 7 , 6 , 6 , 5 , 7 , 8 , 8 , 5
9 , 9 , 8 , 6 , 7 , 7 , 7 , 6 , 8 , 7
10, 8 , 8 , 6 , 6 , 5 , 9 , 9 , 7 , 6
Jawab:
Diketahui data berat badan (dalam kg) 30 balita di sebuah kelurahan adalah sebagai berikut.
30 , 30 , 28 , 27 , 25 , 29 , 30 , 25 , 28 , 30
27 , 25 , 30 , 26 , 29 , 29 , 27 , 25 , 27 , 26
26 , 25 , 28 , 30 , 27 , 27 , 30 , 30 , 26 , 26
Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Jawab:
Posting Komentar
Posting Komentar