Reorientasi Pembelajaran di Sekolah Dasar
Tiga tantangan yang harus dihadapi oleh sekolah dalam upaya merealisasikan pendidikan abjad sesuai amanat presiden. |
Baca juga: Presiden Minta SD Ditekankan Membangun Karakter
Apa yang disampaikan oleh presiden tersebut bersama-sama bukan hal yang baru. Sejak Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SD dihapuskan, orientasi pembelajaran pun (seharusnya) mengalami pergeseran. Dalam hal ini membiasakan siswa untuk senantiasa melaksanakan perbuatan baik serta menanamkan kecintaan mereka terhadap dunia mencar ilmu seharusnya lebih dikedepankan daripada memaksa siswa untuk menguasai seluruh bahan yang tercantum dalam kurikulum.
Namun, pergeseran orientasi pembelajaran tersebut nampaknya masih jauh panggang dari api. Setidaknya ada tiga tantangan yang harus dihadapi oleh sekolah dalam upaya merealisasikan pendidikan abjad sesuai amanat presiden tersebut. Pertama, keberpihakan kurikulum. Pemberlakuan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) untuk tiap mata pelajaran secara tidak eksklusif telah menyempitkan makna maupun tujuan pendidikan yang sebenarnya, khususnya pada jenjang pendidikan dasar. Anak dianggap berhasil mencapai ketuntasan mencar ilmu apabila mereka bisa mengerjakan soal-soal di atas kertas. Sedangkan hal-hal lain yang berkaitan dengan kepribadian menyerupai ketaatan mereka dalam beribadah maupun pengamalan norma-norma sosial justru tidak mendapatkan porsi yang semestinya.
Kedua, kesiapan sekolah lanjutan. Kenyataan menunjukkan, nilai akademik masih dijadikan pertimbangan utama oleh sekolah-sekolah lanjutan (SMP) untuk mendapatkan calon siswa gres dari Sekolah Dasar. Adapun abjad maupun perilaku siswa selama di Sekolah Dasar kurang begitu mendapatkan perhatian. Akibatnya, tujuan pembelajaran di Sekolah Dasar pun lagi-lagi sebatas untuk mendapatkan nilai akademik setinggi-tingginya demi mendapatkan dingklik di sekolah lanjutan (unggulan).
Ketiga, kondisi lingkungan sekitar. Semakin banyaknya pelajar yang menimbulkan rokok sebagai “teman setia” merupakan salah satu dilema yang dihadapi oleh dunia pendidikan ketika ini. Banyaknya warung-warung di sekitar sekolah maupun rumah yang menjual rokok merupakan penyebab utama maraknya peredaran rokok di kalangan pelajar. Di samping itu tayangan televisi yang menjurus pada kekerasan maupun berbau pornografi pun membuat peran guru dalam membangun abjad anak semakin berat.
Untuk dapat mengimplementasikan pendidikan abjad di Sekolah Dasar, diharapkan sinergi yang baik antara pemerintah, sekolah dan orangtua. Sebagai pemegang regulasi pemerintah diharapkan bisa memainkan perannya dalam membatasi peredaran minuman keras dan rokok, mengatur tayangan media elektronik, serta merancang sebuah kurikulum pendidikan dasar yang benar-benar berorientasi pada pembentukan abjad penerima didik. Adapun orangtua hendaknya menyadari betapa pentingnya peran mereka dalam melanjutkan pendidikan abjad yang dilakukan oleh guru di sekolah. Menciptakan lingkungan kondusif yang mendukung tumbuhnya abjad anak merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Dengan demikian, pendidikan abjad di Sekolah Dasar pun benar-benar dapat terlaksana dan tidak hanya sebatas wacana.
*) Ditulis dan dikirim ke oleh Ramdan Hamdani. Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Alamy Subang, Jawa Barat
Posting Komentar
Posting Komentar